}

Kamis, 29 Maret 2012

Perhitungan Angka Harapan Hidup


Angka harapan hidup penduduk pada waktu lahir yang biasa dilambangkan dengan e0 adalah rata-rata jumlah tahun yang akan dijalani oleh sekelompok orang yang dilahirkan pada suatu waktu tertentu jika pola mortalitas untuk kelompok umur tersebut bersifat tetap pada masa mendatang.
Penghitungan e0 dapat dilakukan dengan bantuan Life Table, namun hal ini belum dapat dilakukan di Indonesia. Sistem registrasi penduduk masih belum dikelola secara baik dan berkesinambungan, sehingga data yang dibutuhkan yakni data kematian menurut kelompok umur tidak tersedia. Untuk itu, ditempuh alternatif penghitungan secara tidak langsung dengan menggunakan dua variabel yakni rata-rata anak yang dilahirkan hidup (live birth) dan rata-rata anak yang masih hidup (still living) untuk setiap wanita berusia 15-49 tahun menurut kelompok umur lima tahunan. Penghitungan e0 dilakukan dengan perangkat
lunak Mortpak for Windows, Version 4.0. Angka e0 yang diperoleh dengan metode tak langsung ini merujuk pada keadaan 3-4 tahun dari tahun survei.
sumber:http://www.gunungkidulkab.go.id/pustaka/pdf_nya.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar